Wujud Transparansi , Kepala Desa Paenre Lompoe Pasang Spanduk Informasi Pengolaan Keuangan Desa

186
2

Liputandesa.com,- Sebagai salah satu wujud transparansi Pengelolaan Keuangan Desa, Kepala Desa Paenre Lompoe yang terletak di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba memasang papan informasi seputar alokasi dana desanya.

Desa Paenre Lompoe
APBDes Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba

Tampak jelas bahwa total pendapatan 2017 sebesar Rp.1.564.902.627 rincian garis besar untuk diketahui masyarakat umum.

Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) adalah peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun. APB Desa terdiri atas bagian pendapatan Desa, belanja Desa dan pembiayaan. Rancangan APB Desa dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa.

Sementara itu,Kepala Desa Paenre Lompoe H.Ambo Tang S.Sos melalui selulernya mengungkapkan kalau Keterbukaan informasi terhadap berbagai hal dalam pelaksanaan pemerintahan merupakan salah satu prinsip yang harus ada dalam transparansi. Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan pada UU no.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dimana pada Bab 2 Pasal 2 Ayat 1 disebutkan bahwasanya setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik.

Informasi Publik dalam hal tata kelola Pemerintahan termasuk diantaranya adalah pengelolaan Alokasi Dana Desa.

Selain Desa Paenre Lompoe , Desa Bontosunggu yang terletak di kecamatan yang sama juga sudah memasang informasi Pengelolaan Keuangan Desa melalui spanduk besar di depan kantor desanya. ( Tim Liputan Desa)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here