Pencairan BLT Tanpa Rekening Bisa di Kantor Desa Tanpa Biaya Sepeser pun

19
0
Pencairan BLT - BANDUNG
Seorang warga Cianjur memperlihatkan uang pencairan BLT di desa. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR – Masyarakat yang mendapat bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga yang terdampak wabah Covid 19 yang dialokasikan dari dana desa tidak perlu lagi mengeluarkan sepeser pun, lantaran pencairannya tidak melalui rekening.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial mengatakan pemberikan BLT bagi warga terdampak covid-19 yang dialokasikan dari dana desa tidak melalui rekening. Artinya, masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya apapun dalam proses pencairan BLT tersebut.

BLT terima utuh sebesar Rp600 ribu per bulan oleh yang berhak. Pihak perbankan juga secara mobile datang ke setiap desa yang sudah mengalokasikan BLT dari dana desa, tutur Ahmad Danial pada Ayobandung.com, saat dihubungi melalui telepon, Senin (11/5/2020).

Danial mengungkapkan tidak semua desa menganggarkan BLT dari pencairan tahap pertama dana desa. Pencairannya tergantung dari permohonan pihak desa karena menyesuaikan dengan kebutuhan.

Ada sebagian desa yang sudah menggangarkan BLT pada tahap pertama. Tapi ada juga yang baru dianggarkan pada tahap kedua, jelasnya. Kepala Bidang Bina Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Rella Nurrela, mengatakan ada beberapa desa yang hari ini mulai menyalurkan BLT.

“Hari ini sudah ada penyaluran, hasil laporan, yang melaksanakan penyalurannya yakni Desa Maleber di Kecamatan Karangtengah, Desa Ciwalen di Kecamatan Warungkondang, Desa Girijaya di Kecamatan Pasirkuda, serta Desa Cibodas dan Desa Ciputri di Kecamatan Pacet,” jelas Rella Nurrela.

Rella belum mengetahui persis jumlah desa yang menyalurkan BLT pada pencairan tahap pertama dana desa. Hal itu karena saat ini penyalurannya tergantung dari permohonan setiap desa. Itu sudah masuk by system melalui perbankan. Jadi kami belum bisa membaca data desa by name by address, pungkasnya.

Sumber berita

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here