Pemerintah Desa Saotanre melalui TBM Sikola Pappideceng Memperingati Hari Read Aloud Day

1
0
Peringatan Read Aloud Day - Desa Saotanre 2020
peringatan Read Aloud Day dilaksanakan di ruang Pola kantor Desa Saotanre kecamatan Sinjai tengah kabupaten Sinjai, Rabu (5/2)

Liputandesa.com – Kegiatan Temu pegiat literasi dan pengelola FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat) dan yang di rangkaikan peringatan Read Aloud Day di laksanakan di ruang Pola kantor Desa Saotanre kecamatan sinjai tengah kabupaten sinjai, Rabu 05/02/2020 pada pukul 15:00 wita.

Kegiatan tersebut bertemakan “Dekatkan Hati Ayah, Bunda dan Anak dengan read Aloud” dihadiri dan dibuka oleh Camat Sinjai Tengah, Muh. Jufri, S.Sos. serta dihadiri oleh ratusan peserta didik yang didampingi langsung oleh orang tuanya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan dari Sekolah PAUD se Desa Saotanre, SDN. 214 Halimping, SDN 233 Balanreang, dan Miftahul Khair Haru serta SMPN 34 Sinjai Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Desa Saotanre, Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPM, Kepala Dusun Se-Desa Saotanre, dan Para Ibu-ibu PKK serta pegawai pustu Desa Saotanre serta pejuang literasi Kabupaten Sinjai.

Melalui sambutannya Camat Sinjai Tengah, Muh. Jufri, S.Sos, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena hanya Desa Saotanre satu-satunya Desa yang memperingati Hari Real Aloud di Kabupaten Sinjai.

Sementara itu Kepala Desa Saotanre, Andi Sulaeman, menyampaikan semoga TBM Pappideceng menjadi salah satu solusi untuk Desa dalam hal mencerdaskan Pemuda dan Masyarakat Desa.

“Membaca merupakan salah satu jalan untuk menghadapi era Modernisasi di Desa, Kita boleh tinggal di Desa tapi pemikiran kita Nasional sampai Internasional dengan Membaca.” Kata Andi Sulaeman.

Ia juga menambahkan tidak hanya untuk anak-anak yang di tuntun membaca, tapi seluruh elemen Masyarakat di Desa Saotanre Khususnya,
“Membaca mengingatkan kita dengan Masa kecil, Oleh karena itu jangan pernah melupakan sejarah. Dan ke Depannya Kita akan bentuk Relawan Baca Buku Melalui Ibu-Ibu.” Tambahnya.

Sedangkan Ketua TBM Sikolah Pappideceng Desa Saotanre, Hatamin, dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Desa Saotanre karena telah merangkul dan membuka ruang kepada pemuda untuk berkreasi dan berinovasi serta membangun literasi di Desa
“Semoga pemerintah Desa dan Kabupaten tetap membantu kami dalam pengadaan buku-buku, dan tetap membina kami untuk lebih baik.” harapnya.

Sama halnya yang di sampaikan oleh Ketua F-TBM Kabupaten Sinjai, Mirfayani Mirsal, yang juga merupakan fasilitator pembaca dongeng di kegiatan Raed Aloud tersebut,
“Saatnya pemuda Desa berliterasi, dan semoga Desa Saotanre dapat menjadi Desa percontohan bagi Desa-Desa lain dalam bidang literasi.” Tuturnya.

Perlu di ketahui bahwa pendanaan kegiatan tersebut bersumber dari APBDes Desa Saotanre Tahun 2020. (A.Basri)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here