Oknum Pjs Kades Sukamulya Tegalwaru Diduga Arogan, Warga Tuntut Pergantian

11
0
desa-sukamulya-jawa-barat-kades
Kantor desa Sukamulya Tegalwaru

Liputan Desa – Diduga Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat diminta segera digantikan.

Pasalnya, menurut warga, Oknum Pjs Kades tersebut kerap mengambil tindakan yang meresahkan dan cenderung arogan dalam memimpin Desa Sukamulya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo, mengatakan, jabatan Pjs Kepala Desa adalah tugas tambahan seorang ASN untuk mengisi kekosongan jabatan Kades sampai terpilihnya Kades Definitif hasil Pilkades nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo

“Pjs Kades itu bukan jabatan politik, dan tidak boleh berpolitik. Kapanpun Pemkab bisa melaksanakan pergantian dengan beberapa alasan dan pertimbangan tertentu,” kata Jaya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (12/6/2020).

Jadi, lanjut dia, untuk pergantian Pjs Kades, Pemkab salah satunya meminta rekomendasi dan persetujuan dari Camat setempat tentang pemberhentian dan pengusulan Pjs Kades.

“Karena Camat yang mengetahui persis permasalahan di lapangan. Kita ingin alasan yang objektif terhadap kinerja Pjs Kades, kalau kinerjanya tidak produktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ya kita ganti,” ungkap Jaya. (Jabarnew/Gin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here