Jenis-Jenis Usaha BUMDes Untuk Desa

3492
0

Kali ini Tim Liputandesa.com menyajikan Beberapa Contoh Jenis Usaha BUMDes sebagai lanjutan artikel sebelumnya.

Hukum Bumdes

BUMDES Apa itu ? adalah Badan Usaha Desa yang dimiliki oleh Desa yang bertujuan untuk menampung kegiatan Usaha usaha produktif dari masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

LALU SIAPA YANG MENGURUS BUMDES tersebut ?

Pada dasarnya setiap mawarga masyarakat berhak menjadi pengurus BUMDES, tetapi tidak serta merta bisa masuk menjadi pengurus . Tetap harus ada persyaratan persyaratan yang harus di penuhi.

Dan persyaratan persyaratan tersebut umumnya adalah memiliki jiwa usaha mandiri, memiliki keahlian dibidang tertentu, Sehat Jasmani, dan lain lain.

Tetapi faktor yang paling penting dalam mendirikan sebuah usaha adalah MANAGEMEN . Sebab Managemen yang tepat akan menghasilkan hasil yang tepat, terkontrol, dan terstruktur, yang pada akhirnya akan bisa akuntabel hasilnya, sebab yang namanya Usaha yang dikelola bersama sama harus ada Laporan Pertanggung jawaban.

Managemen yang tepat adalah ;

  • Menentukan sifat dan Jenis Usaha
  • Menata Susunan Organisasi / Kepengurusan
  • Mencari orang yang tepat untuk mengisi jabatan sesuai keahlian yang dimiliki ( the right man on the right place )
  • Membuat pola jaringan pemasaran.
  • Berikut adalah kriteria kriteria dalam menentukan jenis usaha .

Serving : ” usaha sosial” pelayanan terhadap warga dibidang jasa. contoh Pengelolaan air minum, Listrik Desa dll.
Banking : ” usaha keuangan ” Pelayanan jasa keuangan untuk masyarakat berupa simpan pinjam.
Renting : ” usaha persewaan ” Usaha persewaan untuk memenuhi kebutuhan warga . Contoh, Persewaan Traktor, Persewaan perkakas Pesta, persewaan tanah, persewaan gedung dll.
Brokering : ” broker/perantara ” Usaha jasa perantara untuk membantu memasarkan dan mencarikan pembeli hasil usaha dari warga baik itu produk olahan, kerajinan, kepada Pasar Umum, Pasar Online,
Trading : ” usaha tertentu ” Usaha yang menjalankan produksi tertentu atau secara khusus : contoh : usaha permebelan, madu, produksi batu bata, produksi pertanian.
Holding : ” Usaha bersama ” Usaha yang mengelola semua jenis usaha yang ada di desa / unit unit usaha yang ada di desa ( permebelan, kerajinan tangan, industri olahan makanan ringan, salon kecantikan dll ) yang pengelolaannya diatur dan ditata oleh BUMDES, mulai dari pemasaran, pemesanan, dan pembayaran. Tetapi jenis ini harus memliki kemapuan managemen dan managerial yang baik.

Contoh : Wisata Kuliner maka didalamnya ada unit unit seperti : ( makanan ringan, warung, souvenir, parkir dll )

Tetapi semua agar melalui uji studi kelayakan tentang jenis usaha yang akan dipilih dan dimusyawarahkan bersama warga Sebab semua usaha pasti mengandung resiko, tujuan utamnaya adalah meminimalis resiko kegagalan, agar tidak terjadi saling tuding.

(diambil dari berbagai sumber)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here