Inspektorat di Tabanan Akan Periksa 133 Desa Terkait Penggunaan DD untuk Penanganan Covid-19

14
0
BLT dana Desa di Tabanan Bali
Perhitungan BLT Dana Desa

Liputan Desa – Guna menghindari penyalahgunaan dana desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19, Inspektorat Tabanan akan melakukan pemeriksaan ke-133 desa yang ada di Tabanan.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa dan surat dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa tertanggal 21 April 2020 bahwa dana desa bisa disisihkan untuk penanganan Covid-19. Terlebih saat ini BLT Dana Desa sudah mulai dicairkan di masing-masing desa.

Kepala Inspektorat Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan, tim Inspektorat Tabanan wajib memeriksa dana desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19. “Karena amanat peraturannya seperti itu. Bukan karena ada laporan indikasi penyelewengan saja tim memeriksa. Tapi semua desa, 133 desa yang ada di Tabanan akan diperiksa,” tegasnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mencegah penyelewengan dana desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19 dan BLT bisa didistribusikan sesuai peruntukanya dan sesuai aturan.

Sayangnya, ia belum bisa menjelaskan secara detail mengenai sanksi yang akan diberikan apabila ada desa yang terbukti melakukan pelanggaran. “Saya sedang rapat dengan Sekda, jadi tidak pegang data. Kami bekerja tidak usah pamer, bekerja saja. Nanti diskusi setelah Covid-19 mereda ya, suksma,” kilahnya.

Hingga saat ini sudah ada sejumlah desa di Tabanan yang telah menyalurkan BLT dana desa untuk meringankan beban masyarakat kepada warganya yang layak menjadi penerima setelah melalui tahap verifikasi.

Sumber : bali express

(bx/ras/man/JPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here