Inilah Pendamping Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

171
0

Selayar, liputandesa.com – Pendamping desa adalah sebuah jabatan di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia yang pembentukannya berdasarkan Undang-Undang Desa, yang bertugas untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat di sebuah desa.

Pendamping desa terbaik
Zulfikar (tengah)Pendamping desa terbaik tingkat provinsi Sulawesi selatan 2017

Khusus di provinsi sulawesi selatan, salah seorang Pendamping Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar, terpilih sebagai Pendamping Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sulsel. Zulfikar dimasukkan dalam seleksi Pendamping Desa Tauladan Tingkat Nasional Di Jakarta mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Selayar, Irwan Baso S.STP, saat dikonfirmasi siang ini, Senin 7 Agustus 2017, membenarkan hal tersebut. Bahwa salah seorang Pendamping Lokal Desa, an. Zulfikar telah meraih predikat Pendamping Desa Terbaik Sulsel dan mewakili Sulsel dalam seleksi Pendamping Desa Tauladan Tingkat Nasional. Hal ini telah direspon oleh Kepala Dinas PMD, yang langsung memberangkatkan Zulfikar untuk persentase ke Jakarta.

” Pak Kadis Sudah Tahu dan Besok, Selasa 8 Agustus 2017, Saudara Zulfikar akan di Berangkatkan Ke Jakarta Mewakili Sulsel Dalam Lomba Pendamping Desa Tingkat Nasional,”  Kunci Irwan Baso.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Azwar SH. MH, saat dikonfirmasi selanjutnya menjelaskan bahwa Pendamping Lokal Desa An. Zulfikar dari Selayar menjadi Pendamping Desa Terbaik Sulsel dan penilaiannya dilaksanakan sebelumnya oleh PMD Provinsi Sulsel. Selanjutnya Zulfikar akan mewakili Sulsel, dalam pemilihan pendamping desa tauladan tingkat nasional di Jakarta.

Menurutnya, Zulfikar adalah pendamping lokal desa di 4 desa yang ada di Kecamatan Buki. Dan dari pekerjaannya dalam mendampingi pemerintah desanya, dinilai cermat dan cerdas dalam perencanaan dan penyusunan anggaran desa. Termasuk dalam penggunaan anggaran desa yang didampinginya, jelas Andi Azwar.

Terkait keberangkatan Zulfikar ke Jakarta untuk persentase, bagaimana tugas pendampingan lokal desa yang dilaksanakan selama ini.

Senada dengan Kabid PMD, Kadis PMD, Andi Azwar SH. MH juga menilai bahwa ini salah satu kebanggaan, dan perlu mendapat apresiasi. Setidaknya kita doakan agar Zulfikar bisa membawa nama harum Kabupaten Kepulauan Selayar pada Tingkat Nasional, sebagai Pendamping Lokal Desa Tauladan. (Selayarnews/bcht)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here